MENGENAL AWAN CUMULONIMBUS LEBIH JAUH


            Informasi cuaca saat ini memang sedang marak dibicarakan di dalam dunia penerbangan. Banyak media massa yang memperbincangkan masalah bahaya awan Cumulonimbus(Cb). Awan ini memang terkenal sangat berbahaya, tak banyak masyarakat yang tahu apa itu awan Cumulonimbus atau yang sering disebut dengan awan Cb.
            Awan Cumulonimbus (Cb) merupakan awan vertikal yang menjulang sangat tinggi, padat, dan melibatkan petir didalamnya. Awan Cb terbentuk sebagai hasil dari ketidakstabilan atmosfer. Awan Cumulonimbus terdiri dari tetes-tetes air pada bagian bawah awan dan tetes-tetes salju/kristal es pada bagian atas awan. Disini terjadi updraft dan downdraft sehingga memungkinan terjadi sirkulasi yang mengakibatkan gesekan antara partikel-partikel awan didalamnya sehingga menimbulkan muatan listrik, karena proses ini Awan Cb dapat mengakibatkan kilat, guntur,  badai disertai hujan petir,.  
            Proses terbentuknya awan Cb yaitu ketika awan-awan kecil yang sering disebut dengan Awan Cumulus dibawa oleh angin ke suatu daerah dimana berkumpulnya awan-awan ini. Kumpulan Awan Cumulus ini menyatu hingga membentuk awan yang lebih besar, ketika awan-awan Cumulus ini bersatu terjadi dorongan ke atas pada bagian dalam yang semakin besar. Dorongan ke atas di bagian tengah awan lebih kuat dibandingkan pada bagian pinggir. Karena penyebab inilah tubuh awan membentuk vertikal menjulang tinggi dan semakin besar. Awan menjulang tinggi sehingga menyebabkan tubuh awan mencapai daerah yang lebih dingin pada lapisan atmosfer atas. Di tempat inilah terjadi tetesan-tetesan air dan butiran es terbentuk dan tumbuh semakin besar. Saat butiran air mulai membesar dan berat, dorongan ke atas yang menyangga sudah tidak mampu menyangga butiran air atau es tersebut, jatuhlah air dan es sebagai gerimis, hujan ataupun hujan es.

             Awan Cb bukanlah awan biasa, dampaknya sangat berbahaya apabila kita menghiraukannya, sebisa mungkin gunakan informasi cuaca yang telah diberikan. Semoga insiden yang melanda penerbangan sebelumnya memberikan pelajaran yang berarti bagi kita.   

0 comments:

Post a Comment

 

From Zero to Hero Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger